Enjoy Hida Beef! Kuliner Terenak di Takayama, Jepang!

Halo semua! Kali ini saya akan mengajak kalian untuk menjelajahi salah satu kuliner paling terkenal di Jepang, yaitu daging sapi Hida ( Hida Beef ), yang bisa dinikmati di kota indah Takayama.

Takayama bukan hanya destinasi yang menawarkan keindahan alam dan budaya, tetapi juga kuliner yang sangat istimewa.

Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi Hida beef.

Jadi, mari kita bahas lebih dalam mengenai pengalaman kuliner yang luar biasa ini.

Mengenal Jepang Sebagai Surga Kuliner

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang daging sapi Hida, mari sedikit mengenal mengapa Jepang terkenal sebagai surganya kuliner.

Jepang adalah negara yang sangat serius tentang kerajinan dalam berbagai bentuknya, dan hal ini mencakup kuliner.

Mereka memiliki mata yang sangat tajam terhadap detail, di mana kesempurnaan adalah kunci dan tidak boleh kurang dari itu.

Inilah mengapa Jepang memiliki salah satu reputasi kuliner paling tinggi di dunia.

Negara ini memiliki jumlah restoran dengan bintang Michelin tertinggi di dunia, dan wisatawan sering kali datang untuk menjelajahi berbagai hidangan lezat yang ditawarkan oleh Jepang.

Daging Sapi Hida ( Hida Beef ): Sebuah Seni Kuliner

Sekarang, mari fokus pada bintang utama pembahasan kita, yaitu daging sapi Hida.

Daging sapi Hida adalah bagian dari keluarga daging sapi wagyu yang sangat terkenal.

Wagyu sendiri adalah jenis daging sapi yang terkenal dengan marbling yang kaya, warna merah yang merona, aroma lembut, dan rasa yang dinamis.

Hida beef adalah salah satu varian wagyu yang prestisius.

Keunikan daging sapi Hida terletak pada teksturnya yang mengkilap, marbling yang kaya dengan lemak yang membaur sempurna.

Ketika kamu melihatnya dari jauh, warnanya tampak seperti merah muda lembut yang identik dengan bunga sakura.

Dalam proses pembuatannya, sapi-sapi yang digunakan untuk menghasilkan daging sapi Hida dibiakkan dengan tujuan utama, yaitu menghasilkan daging yang memiliki rasa yang tak tertandingi.

 

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Perjalanan Kuliner di Takayama

Saat kamu mengunjungi Takayama, kamu akan menemukan bahwa kota ini sangat bangga akan produk daging sapi Hida-nya, dan itu sudah seharusnya.

Takayama adalah salah satu destinasi utama untuk menikmati hidangan lezat ini.

Ketika kamu berjalan-jalan di sekitar kota ini, kamu akan menemukan berbagai stan makanan yang menjual hidangan yang berbeda-beda, semuanya berbahan dasar daging sapi Hida.

Dari sushi daging sapi Hida beef yang lezat hingga burger, kroket, dan sate steak sapi, kamu akan menemukan berbagai pilihan makanan yang menggunakan daging sapi Hida sebagai bahan utama.

Setiap hidangan ini menghadirkan cita rasa yang unik, dan kamu dapat mencicipi kelezatan daging sapi Hida dalam berbagai varian masakan.

[ Baca Juga: 8 Aktivitas Seru Ketika Liburan Ke Kobe, Jepang! ]

Daging Sapi Hida: Kuliner Warisan Bersejarah Di Jepang

Daging Sapi Hida Kuliner Warisan Bersejarah Di Jepang!

Daging sapi Hida bukanlah sekadar produk kuliner biasa. Ia memiliki sejarah dan budaya sendiri di kota Takayama.

Pada tahun 1981-1982, Takayama menjadi terkenal karena kedatangan seekor sapi jantan bernama Yasufuku.

Sapi ini dibawa dari Prefektur Hyogo dan dianggap sebagai bapak dari daging sapi Hida.

Selama karirnya, Yasufuku menjadi bapak dari 40.000 anak sapi, menjadikan area ini sebagai tempat yang terkenal akan daging sapi wagyu.

Takayama menjadi tujuan wisata yang populer, baik bagi pengunjung domestik maupun internasional, berkat prestasi Yasufuku yang mengangkat nama daging sapi Hida.

Eksplorasi Kuliner Olahan Hida Beef di Takayama

Ketika saya mengunjungi Takayama, saya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk mencicipi daging sapi Hida dalam berbagai bentuk.

Selama berjalan-jalan di sekitar kota, saya menemukan banyak stan makanan yang menawarkan hidangan-hidangan menggugah selera dengan daging sapi Hida sebagai bahan utamanya.

Eksplorasi Kuliner Olahan Hida Beef di Takayama!

Berikut beberapa hidangan yang saya coba selama perjalanan kuliner saya:

1. Sushi Daging Sapi Hida

Salah satu hidangan yang harus dicoba adalah sushi daging sapi Hida.

Ini adalah versi sushi yang menggunakan daging sapi Hida sebagai bahan toppingnya.

Tekstur daging sapi Hida yang mengkilap dan rasa lembutnya sempurna berpadu dengan nasi yang lembut.

Ketika dicicipi tanpa saus tambahan, kamu dapat benar-benar merasakan kelezatan dagingnya.

2. Burger Daging Sapi Hida

Takayama juga memiliki burger daging sapi Hida yang lezat. Meskipun tampak sederhana, burger ini menawarkan cita rasa yang luar biasa.

Daging sapi Hida yang digunakan dalam burger ini membuatnya begitu juicy dan enak.

Kamu bahkan mencoba burger alpukat yang unik, yang menggabungkan alpukat lezat dengan daging sapi Hida yang lembut.

3. Kroket Daging Sapi Hida Beef

Salah satu hidangan favorit saya adalah kroket daging sapi Hida.

Kroket ini terbuat dari daging sapi Hida yang lembut dan lezat.

Ketika digigit, kamu akan merasakan lembutnya daging sapi yang bercampur dengan rempah-rempah dan saus.

Ini adalah camilan yang sempurna selama perjalananmu di Takayama.

4. Shabu-Shabu

Shabu-shabu adalah hidangan Jepang yang menggabungkan potongan tipis daging sapi dengan sayuran segar.

Cara memakannya adalah mencelupkan daging dan sayuran ke dalam air mendidih dan menyantapnya dengan saus wijen atau saus ponzu.

Meskipun saus ini menambah cita rasa hidangan, daging sapi Hida yang digunakan dalam shabu-shabu begitu menggugah selera sehingga saya mencobanya tanpa saus dan tetap terasa lezat.

[ Baca Juga: 33 Kuliner Filipina, Makanan Khas Enak Wajib Coba! ]

Makan Malam Kaiseki di Okuhida

Setelah seharian menjelajahi kelezatan daging sapi Hida di Takayama, kamu bisa menyempatkan diri untuk menikmati makan malam bergaya kaiseki di Okuhida, sebuah pedesaan yang terletak di antara puncak-puncak Alpen Jepang.

Ryokan tempat saya menginap menawarkan pengalaman makan malam yang sangat istimewa.

Menu kaiseki yang disajikan terdiri dari berbagai hidangan khas Gifu, termasuk sushi daging sapi Hida, shabu-shabu, steak, dan sayuran setempat.

Namun, yang paling menonjol adalah potongan-potongan daging sapi Hida yang dipanggang dengan sempurna.

Daging ini memiliki warna merah muda yang menggoda dan rasa yang benar-benar luar biasa.

Ketika digigit, dagingnya sangat lembut dan meleleh di mulut.

Daging sapi Hida ( Hida Beef ) bukanlah sekadar produk kuliner biasa!

Pasar Pagi Takayama: Surga Kuliner

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Pasar Pagi Takayama, salah satu pasar pagi terbesar di Jepang.

Di sini, kamu dapat menemukan berbagai produk segar, termasuk sayuran, buah-buahan, dan makanan khas Takayama.

Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk berjalan-jalan di sekitar pasar dan mencicipi hidangan lokal.

Salah satu yang harus dicoba di pasar ini adalah ‘korokke’, kroket yang terbuat dari daging sapi Hida beef.

Ini adalah camilan yang populer di antara pengunjung lokal dan juga wisatawan.

Ketika kamu menggigitnya, kamu akan merasakan lembutnya daging sapi Hida yang dipadukan dengan rempah-rempah yang nikmat.

Restoran Tradisional di Takayama

Selain stan-stan makanan di jalan-jalan Takayama, ada juga restoran-restoran tradisional di kota ini yang menyajikan hidangan-hidangan istimewa dengan daging sapi Hida.

Salah satunya adalah sebuah ryotei yang telah berdiri sejak tahun 1794.

Restoran ini adalah salah satu tempat yang paling elegan yang pernah saya kunjungi.

Meskipun memiliki sejarah panjang, restoran ini juga terbuka terhadap perubahan zaman.

Mereka telah memodernisasi menu mereka dengan menyertakan hidangan-hidangan yang menggunakan daging sapi Hida.

Makan malam di restoran ini adalah pengalaman yang luar biasa.

Daging sapi Hida yang mereka sajikan adalah yang terbaik, dengan marbling yang kaya dan rasa yang benar-benar menggoda.

Selain daging sapi, mereka juga menyajikan hidangan-hidangan lokal lainnya yang tak kalah lezat.

Kesimpulan

Jadi, begitulah pengalaman saya dalam menjelajahi kelezatan daging sapi Hida di Takayama, Jepang.

Ini adalah pengalaman kuliner yang sangat istimewa dan tak terlupakan.

Daging sapi Hida bukan hanya sekadar hidangan, tetapi juga bagian dari sejarah dan budaya kota Takayama.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Gifu dan Takayama, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi daging sapi Hida.

Ini adalah pengalaman kuliner yang akan memanjakan lidah kamu dengan cita rasa yang tak terlupakan.

Selamat menikmati petualangan kulinermu di Takayama!

Masakan Khas Bali, Ayam Betutu Khas Gilimanuk Terenak Di 2024

Sebenarnya bukan kali ini saja saya mencoba masakan Bali Ayam Betutu khas Gilimanuk, hanya saja semuanya “off record” atau belum pernah tercatat.

Tapi kali ini saya ingin mencoba membagikan bagaimana lezat dan menariknya masakan khas Bali yang kemudian dinamakan Betutu ini.

Biar kamu-kamu yang belum pernah mencoba makanan enak dari Bali ini, mau mencobanya juga kapan-kapan.

Betutu, Masakan Khas Bali Apa Itu?

Loh kenapa Betutu saja? Bukannya ayam Betutu yah namanya?

Sebenarnya bahan masakan Betutu bukan cuma ayam seperti yang lebih dikenal banyak orang.

Bahan masakan khas Bali ini ada juga yang bahan utamanya bukan berupa ayam, tapi berupa bebek yang kemudian di sebut Bebek Betutu.

Tetapi sepertinya ayam lebih ungul daripada bebek, jadilah lebih dikenal sebagai ayam Betutu.

Masakan Betutu itu sebenarnya adalah hidangan bebek atau ayam yang dimasak dengan cara di-ungkep dengan bumbu dapur dan rempah.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Masakan Khas Bali Ini Wajib Dicoba, Karena Merupakan Salah Satu Makanan Yang Unik Juga Enak Dari Bali.

Siapa sudah pernah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk?

Masakan Betutu biasanya diberi bumbu seperti jahe, lengkuas, bawang, kunyit, kencur, daun jeruk, dan yang paling utama adalah unsur pedas cabai rawit.

Rasa pedas dari cabe itu tadi juga yang membuat yam Betutu Khas Gilimanuk menjadi lebih enak.

Terus, menurut orang lokal Bali, sering disebut sebagai bumbu genep, bumbu dasar masakan Bali.

Rata-rata masakan Bali memang berciri khas pedas.

Bahkan makanan merakyat khas Bali seperti Nasi Jinggo juga tak luput dari rasa pedas.

Makanya, Cabai rawit memegang peranan penting pada ayam atau bebek betutu.

Makanya pada Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini memang harus bercita rasa pedas.

Kalau tidak pedas, bukan betutu deh namanya. Yah, meski pedasnya masih kalah dengan Ayam Taliwang Khas Lombok sih.

Sedangkan secara harfiah Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

[ Baca Juga: Kuliner Paling Enak Indonesia Wajib Coba! No 5 Kamu Pasti Suka! ]

Dulu Makanan Khas Bali Ini Adalah Sajian Pada Upacara Adat

Betutu biasa digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual.

Pernahkah terpikirkan sisi unik dari masakan khas bali yang lebih terkenal dengan nama Ayam Betutu ini?

Selain dari kelezatan rasa masakan tentunya.

Masakan Khas Bali, Ayam Betutu khas Gilimanuk

Mengenai rasa dari Ayam Betutu khas Gilimanuk jangan ditanya lagi, pedasnya pas!!

Bercampur rasa gurih dari kuah bumbunya.

Ditambah lagi daging Ayam Betutu khas Gilimanuk yang empuk ketika digigit, hmm bahkan air liur bisa menetes dengan hanya melihat saja.

Ini adalah salah satu makanan khas Bali yang menjadi favorit saya.

Untuk bebek Betutu meskipun dengan tipe bumbu yang sama dengan bumbu pada ayam Betutu, ada sensasi sedikit berbeda ketika menggigit daging bebek betutu.

Tekstur daging bebek yang sedikit lebih kenyal dari pada ayam akan membuat rasa pedas dan gurih lebih terasa ketika dikunyah di mulut.

[ Baca Juga : Soto khas Betawi Sunda Kelapa, Cita Rasa Betawi di Pulau Dewata ]

Dimana Tempat Makan Ayam/ Bebek Betutu Khas Bali Yang Enak?

Masakan Khas Bali, Bebek Betutu, variasi dari masakan Betutu khas Bali

Menemukan tempat yang pas untuk mencoba masakan Ayam Betutu khas Gilimanuk tidaklah sulit.

Banyak sekali warung masakan lokal yang khusus menjual ayam Betutu.

Hanya saja, cuma pada beberapa atau restoran yang menjual Ayam Betutu khas Gilimanuk ini enak.

Gak banyak tempat yang menurut saya yang bisa menunjukkan lezatnya ayam atau bebek Betutu makanan khas Bali.

Ada tiga tempat yang saya rekomendasikan jika ingin mencoba kelezatan masakan khas bali ini.

Pertama ayam betutu Ibu Ida yang ada jauh di Gilimanuk, mungkin bisa di coba jika liburan ke Bali melalui perjalanan darat, karena lokasinya dekat dengan Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk.

Di ayam Betutu ibu ida ini pertama kalinya saya merasakan Ayam Betutu khas Gilimanuk.

Kedua, lebih dekat dari pusat pariwisata Bali Pantai Kuta dan Bandara Ngurah Rai, satu tipe dengan Ayam Betutu khas GilimanukIbu Ida yang pedasnya benar – benar terasa.

Ketiga ada di jalan Kubu Anyar, ayam betutu di tempat ketiga ini tidak terlalu pedas, tetapi rasa bumbunya sama enaknya dengan ayam Betutu khas Gilimanuk.

Tempat ketiga juga cocok untuk yang tidak terlalu suka dengan masakan pedas tetapi ingin mencoba masakan ayam Betutu.

Entah ayam Betutu, bebek Betutu yang jelas mendengarnya saja bikin ngiler, pedasnya yang pas!!

Ciri khas Ayam Betutu khas Gilimanuk yang pedas bercampur rasa gurih dari kuah bumbunya pasti membuat orang ingin mencoba masakan khas Bali ini ketika berada di Bali.

Kamu mau coba? Silahkan!! Semoga nggak ketagihan!

[ Baca Juga: Menggelinjang Kepedasan Karena Ayam Taliwang! ]

Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Untuk yang tidak bisa sering – sering datang ke Bali, bisa mencoba membuat sendiri dengan resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk seperti ini.

Bahan:

1 ekor (1,2 kg) ayam kampung utuh
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 lembar daun salam
Daun pisang untuk membungkus
Aluminium foil

Bumbu, untuk dihaluskan:

80 ml minyak untuk menumis
15 buah cabai merah, buang bijinya
4 cm jahe
4 cm kunyit, bakar
4 cm lengkuas
2 batang serai, ambil bagian putihnya
100 g bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk
4 butir kemiri, goreng
4 lembar daun jeruk purut
½ sdt merica hitam
2 sdt garam

Pelengkap :

Nasi putih
Sambal matah

Cara membuat Ayama Betutu Khas Gilimanuk :

Bumbu: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat.
Lumuri ayam dengan bumbu hingga tersalut rata, biarkan semalaman.
Tambahkan serai dan daun salam, bungkus dengan daun pisang, bungkus kembali dengan aluminium foil.
Kukus dalam dandang panas selama 2 jam. Angkat.
Panggang dalam oven suhu 185 derajat Celcius selama 2 jam hingga matang. Angkat.
Sajikan bersama pelengkap.

Setelah masak dengan di-ungkep bersama air, minyak kelapa, dan bumbu dapur, ayam atau bebek betutu ini kemudian dimasak dengan api kecil selama berjam-jam.

Proses memasak yang lama ini memang dilakukan agar semua bumbu menyerap dengan sempurna sih.

Baru setelah semua proses si memasak Betutu selesai, ayam atau bebek betutu disajikan bersama sambal matah dan plecing kangkung sebagai pelengkapnya.

Tanpa dua pelengkap utama ini, rasanya pasti ada yang kurang. Biasanya kacang tanah goreng juga ikut melengkapi.

Terus, kalau ngomongin resto Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang enak ada dimana?

Restonya sendiri dikenal dengan nama Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Ada enam cabang resto ini di Pulau Bali. Yaitu di Jalan Raya Tuban, Jalan Raya Kediri, Jalan Raya Kuta, Jalan Merdeka, Jalan Buluh Indah, dan Jalan Raya Denpasar.

Rata rata masakan khas bali bernama betutu ini pedas luar biasa.

Kuahnya saja sudah bikin lidah serasa terbakar karena pedasnya.

Belum lagi, sambal plecing kangkung yang menemani juga sangat pedas.

Terus ada lagi sambal matah dengan rasa pedas segarnya yang begitu nagih.

O iya, sambal matah ini adalah sambal khas bali yang terdiri irisan bawang merah, cacahan tomat, dan perasan jeruk nipis. Mantap banget deh rasanya!

[ Baca Juga: Pelabuhan Gilimanuk: Pintu Gerbang Barat Pulau Bali ]

Lokasi Warung Ayam Betutu Khas Gilimanuk Yang Saya Rekomendasikan

Pun ada banyak warung atau restoran yang menjual masakan Ayam betutu, berikut lokasi warung/resto ayam betutu yang saya rekomendasikan.

Warung Ayam Betutu Di Kubu Anyar, Denpasar

Warung Ayam Betutu Di Kuta, Denpasar

Warung Ayam Betutu Men Tempeh Di Gilimanuk, Bali Barat

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.